7 Keunggulan dari Investasi Properti

Investasi di bidang properti menjadi salah satu jenis penanaman modal yang digemari di Indonesia. Artikel kali ini akan membahas tentang 7 keunggulan investasi properti.

Harga properti seperti rumah atau bangunan yang selalu meningkat setiap tahunnya dianggap sangat menguntungkan, apalagi jika letaknya berada di lokasi strategis seperti pusat kota. Wajar saja kalau masyarakat tidak segan untuk menyuntikkan dananya di sektor properti.

Persiapan dan perhitungan matang dalam investasi properti akan menghasilkan keuntungan besar. Bukan cuma itu saja, Anda akan memperoleh keunggulan lain saat berinvestasi dalam bidang ini.

Terangkum ada 7 keunggulan dengan melakukan investasi di bidang properti, antara lain sebagai berikut:

Minim akan risiko

Dana yang dibutuhkan untuk berinvestasi di bidang properti memang besar, tetapi hal tersebut setara dengan keuntungannya, yakni risiko yang lebih kecil dibandingkan investasi saham. Hal ini disebabkan pergerakan nilai properti yang stabil.

Sementara itu, nilai saham sangat tergantung pada kondisi pasar dan menyebabkan fluktuasi nilai yang kadang tak menentu.

Baca juga: Tips Dekorasi Rumah Minimalis yang Menawan

Punya nilai tambah

investasi properti

Nilai tambah besar dalam bidang investasi berasal dari pengembangan pembangunan, terutama dari properti yang dibangun di atas tanah kosong di lokasi yang strategis. Gaya bangunan dan tambahan lain yang mempercantik properti akan semakin menaikkan nilai jualnya.

Dengan promosi yang kencang dan bagus, properti tersebut akan sampai ke target pasar dan mendapatkan harga sewa yang tinggi.

Keuntungan meningkat

Seperti yang telah disinggung, nilai jual properti mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Langkanya tanah kosong yang berbanding terbalik dengan kebutuhan hunian menjadi faktor yang memicu kenaikan harga tersebut.

Belum lagi nilai mata uang yang turut mendongkrak nominal sewa atau jual properti tadi. Secara tidak langsung, keuntungan Anda akan meningkat secara bertahap.

Dipakai sebagai agunan

Untuk investor yang bergerak di bidang properti, aset yang mereka punya dapat dimanfaatkan sebagai agunan untuk mengajukan permohonan pinjaman. Properti merupakan salah satu jenis aset yang paling mudah dan cepat diterima karena nilainya yang terus merangkak naik.

Hanya saja, Anda harus cermat dan teliti dalam menghitung angsuran yang harus ditebus sesuai dengan jadwal.

Baca juga: 3 Tahap Awal Memulai Bisnis Properti

Tampak secara fisik

Dari bentuknya, investasi ada yang terlihat secara fisik dan abstrak. Deposito dan saham adalah salah dua investasi yang tidak bisa Anda bayangkan bentuknya.

Berbeda dengan investasi yang bergerak di bidang properti, karena Anda dapat melihatnya secara fisik.

Dengan begitu, calon pembeli pun mampu menilai langsung properti yang hendak mereka beli atau sewa dengan harga yang pantas.

Investasi jangka panjang

Investasi logam mulia seperti emas mungkin tidak rentan terhadap inflasi, tetapi properti mempunyai keunggulan lain, yakni alokasi dananya yang lebih panjang.

Kemudian, nilai jual properti tidak mengalami pengurangan meski bertahan dalam waktu lama.

Dengan harga jual-beli tinggi dan menguntungkan, investasi di bidang properti diprediksi akan terus diminati untuk tahun-tahun berikutnya.

Baca juga: Tips Saat Membeli Apartemen Untuk Investasi

Sumber penghasilan

Anda yang ingin bergelut di dunia investasi sekaligus mendapatkan penghasilan tetap, maka properti bisa dijadikan pilihan tepat. Caranya bisa dengan menyewakan properti dengan biaya tertentu untuk mereka yang berminat.

Lantas, pembayaran sewa yang Anda dapatkan bisa jadi penghasilan tetap hingga masa sewanya habis. Investasi sewa juga bisa jadi bisnis sampingan kalau Anda masih mempelajarinya.

Demikian tujuh keunggulan yang berpotensi Anda peroleh saat berinvestasi di bidang properti. Seperti jenis investasi lainnya, dibutuhkan ketekunan dan kecermatan agar keuntungan yang masuk tidak tersendat di tengah jalan.[pp]

Sumber gambar: DNJ Properties & Investments Ltd

Be Sociable, Share!

One thought on “7 Keunggulan dari Investasi Properti”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.