Cara Pintar Investasi Rumah

investasi rumah

Anda ingin memulai bisnis properti dengan cara investasi rumah? Memang investasi rumah terkesan amat menggiurkan karena setiap orang pasti membutuhkan rumah untuk tempat tinggalnya bersama keluarga.

Maka dari itu setiap tahunnya permintaan akan lahan yang luas bertambah terus menerus. Karena rumah akan selalu dibutuhkan, maka bisnis properti termasuk bisnis yang menjanjikan untuk masa depan.

Hal yang terpenting adalah Anda memiliki cukup modal, jangan sampai setelah Anda melakukan investasi dan bisnis properti Anda belum berjalan akhirnya Anda mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tentu saja, hal ini harus dipikirkan sejak awal dan direncanakan dengan lebih matang.

Baca Juga: Mengenal Sertifikat Hak Milik Dan Sertifikat Hak Guna Bangunan

 

Sesuaikan Dengan Pendapatan

Seperti yang sudah diilustrasikan diatas bahwa jangan sampai Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan Anda setelah Anda melakukan investasi pada bidang properti.

Anda perlu menghitung dulu berapa kira-kira pengeluaran yang Anda butuhkan setiap bulannya, kemudian sebaiknya uang yang akan Anda investasikan setiap bulannya itu adalah sepertiga dari pendapatan bulanan Anda. Sehingga dua pertiga sisanya masih bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda selama sebulan.

Dengan demikian Anda tidak merasa kekurangan setiap bulan. Pemikiran ini diperlukan agar bisnis tetap berjalan namun Anda pun juga tidak merasa kekurangan setiap bulannya. Investasi properti itu memang menguntungkan maka dari itu banyak yang tertarik untuk memulai bisnis properti.

Baca Juga: Strategi Mencari Dan Mendapatkan Rumah Pertama

 

Cari Rumah Yang Sesuai Kemampuan Angsuran

Setelah Anda mengetahui berapa jumlah kemampuan angsuran Anda, maka cobalah Anda mencari rumah yang dijual dan biaya angsuran setiap bulannya sesuai dengan kemampuan angsuran Anda tersebut.

investasi rumah

Selain itu Anda perlu mencari rumah yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Sebaiknya rumah dalam keadaan baik, kalau pun diperlukan perombakan hanya sebagian kecil yang masih bisa Anda tangani sendiri. Dengan begitu nantinya setelah Anda mengangsur biaya cicilan rumah dan merenovasinya sedikit, maka rumah menjadi lebih layak untuk dihuni.

Akan menjadi nilai tambah jika rumah itu berada di lokasi yang strategis dengan lingkungan yang menyenangkan, pastinya akan sangat mudah bagi Anda  untuk membisniskan rumah tersebut nantinya.

Baca Juga: 5 Faktor Kenaikan Harga Rumah Tiap Tahun

 

Manfaatkan Dana Pinjaman Dari Bank

Sebaiknya saat Anda hendak memulai bisnis investasi rumah, Anda juga sudah memiliki rumah untuk Anda tinggali. Tentu saja, hal ini agar lebih mudah bagi Anda nantinya.

Karena Anda membeli rumah untuk keperluan bisnis akan sangat baik jika Anda bisa membayar lunas rumah tersebut secara langsung sehingga Anda bisa langsung mendapatkan hasilnya.

Untuk itu Anda membutuhkan dana tunai yang tidak sedikit bukan? Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan dana pinjaman dari bank dengan menjaminkan sertifikat rumah Anda misalnya, namun sekali lagi Anda harus berpikir matang untuk itu, bisakah Anda membayar angsuran pinjaman Anda nantinya? Jangan sampai rumah Anda disita karena ketidakmampuan Anda dalam membayar angsuran.

Baca Juga: Biaya Yang Timbul Saat Membeli Rumah KPR

 

Sewakan Rumah Yang Anda Beli

Cara mudah untuk terbebas dari biaya angsuran adalah dengan menyewakan rumah yang telah Anda beli dengan dana pinjaman dari bank tadi. Sehingga setiap bulan setidaknya Anda memiliki tambahan biaya yang besar untuk membayar angsuran dana pinjaman dari bank.

Dengan begitu Anda akhirnya bisa terbebas dari biaya yang tadinya memberatkan, dan secara tidak langsung akhirnya rumah itu membayar biaya pembelian rumah dengan sendirinya sambil menunggu pembeli rumah Anda tersebut.

Setelah nantinya angsuran dana pinjaman sudah selesai, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan akan lebih besar lagi sebab Anda sudah tidak punya tanggungan apapun dan hanya tinggal menikmati hasil keuntungan dari biaya sewa rumah yang Anda sewakan tersebut.

Baca Juga: Mau Bangun Rumah Cluster Tapi Takut Dengan PSU

 

Iklankan Rumah Yang Anda Beli

Anda tinggal mengiklankan rumah yang sudah Anda beli, baik untuk dijual kembali maupun untuk disewa sambil menunggu pembeli datang.

Saat ini banyak tersedia website atau situs properti maupun situs jual beli yang dapat Anda manfaatkan untuk memasang iklan rumah Anda tadi. Anda hanya perlu menampilkan gambar-gambar foto rumah Anda secukup mungkin yang mewakili beberapa sudut dari rumah Anda.

Dan tentu saja, harga yang ditawarkanlah yang akan memancing minat para calon pembeli maupun penyewa rumah Anda. Untuk hal ini Anda perlu melalukan survey perbandingan rumah-rumah di sekitar kawasan perumahan Anda, baik yang akan dijual maupun yang akan disewakan.[ppc]

 

Sumber gambar : aussie.com.au

 

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Cara Pintar Investasi Rumah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.