Ingin Punya Properti di Usia Muda? Ini Caranya!

beli properti muda

Jika masa muda adalah masanya foya-foya, maka di masa tua kita akan kesulitan mendapatkan apa yang kita miliki. Masa tua adalah masa di mana kita harus care dengan urusan rumah tangga, kebutuhan anak, kebutuhan pendidikan anak, dan masih banyak lagi.

Nah, kapan kita bisa merealisasikan impian kita untuk memiliki properti? Jawabannya adalah masa muda.

Begini gambarannya, masa anak-anak dan remaja adalah masa kita bergantung pada orang tua. Ini sudah dimaklumi sebab secara psikis dan fisik memang belum siap untuk produktif.

Masa muda dengan rentang usia pasca menempuh sarjana hingga usia 30 tahun adalah masa produktif dimana kita mulai mengumpulkan penghasilan. Dan usia 30 tahun ke atas mau tidak mau kita harus fokus mengurus keluarga dan mengalokasikan dana untuk kepentingan anak-anak.

Nah, agar di masa muda Anda sudah bisa memiliki properti berupa rumah sendiri, dibawah ini adalah hal yang mesti Anda lakukan.

Baca Juga: Strategi Mencari Dan Mendapatkan Rumah Pertama

 

Ubah Mindset

Terkadang, hal yang membuat kita sulit untuk memahamkan orang lain adalah karena mindset pikiran yang berbeda atas apa yang kita pikirkan.

Anak muda yang memang sudah paham betul orientasi hidup ke depannya dan apa yang ingin dicapai di kemudian hari pastilah akan bersikap berbeda dengan teman-temannya yang lain.

Ia akan mulai merancang bagaimana agar bisa sampai pada titik yang membahagiakan itu. Intinya adalah bagaimana agar kita bisa membangun pemahaman mengenai kehidupan realistis yang perlu pengorbanan untuk mencapainya.

Kehidupan tidak hanya terdiri dari satu konsep saja yaitu bersenang-senang semata, tetapi kehidupan juga perlu pengorbanan, perjuangan untuk mencapai  mimpi yang diharapkan.

Jika ingin rumah, maka bagaimana caranya agar Anda bisa memperolehnya. Hal tersebut dimulai dari mengubah mindset orang kebanyakan.

 

Hindari Foya-foya

Setelah menata mindset, langkah selanjutnya adalah merealisasikannya.

Sebisa mungkin hindari pengeluaran konsumtif yang akan membahayakan keuangan Anda. Bolehlah sesekali jalan bareng teman untuk ngopi dan makan di restoran, tetapi tidak setiap hari dan kita bisa mencari alternatif agar lebih bisa menekan pengeluaran.

Klasifikasikan manakah kebutuhan pokok dan kebutuhan konsumtif agar Anda bisa memilah mana dana yang harus dikeluarkan dan mana yang tidak.

Baca Juga: Mencari Rumah Idaman Dambaan Keluarga

 

Planning tabungan

Ya, langkah nyata untuk memulai merealisasikan mimpi memiliki properti adalah dengan merencanakan tabungan sejak lulus kuliah.

Anda bisa mulai menabung sebesar 30 persen dari total gaji agar semua gaji tidak ludes pada bulan yang sama.

Pilih tabungan dengan potongan admin yang sedikit atau membuatnya tanpa ATM untuk mengurangi keinginan mengambil uang tabungan setiap saat, kapanpun dan dimanapun.

 

Planning target

beli properti muda

Planning untuk menabung tersebut intinya adalah untuk mendapatkan atau mencapai target yang ingin Anda peroleh.

Target untuk membeli rumah bisa Anda rencanakan mulai dari sekarang. Misalkan, dua tahun ke depan Anda ingin DP rumah, maka Anda harus mulai menabung saat ini juga. Targetkan bagaimana caranya agar dalam kurun waktu 2 tahun nominal untuk DP sudah mencukupi.

Sebagai konsekuensi, hindari mengambur-hamburkan uang dan cobalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan seperti dengan bisnis online, yaitu salah satunya dengan menjadi penulis konten, atau menjadi marketing properti.

Baca Juga: 8 Sikap Menjadi Marketing Properti Yang Disukai Konsumen

 

Tinggal di Rumah Orang Tua

Agar tidak menambah pengeluaran, Anda bisa tinggal di rumah orang tua untuk sementara sambil tetap bekerja.

Jikalau tempat kerjanya jauh, Anda bisa mencari kos yang harganya murah atau mengontrak bersama teman kerja untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau sehingga pengeluaran Andapun bisa lebih efisien.

Hal ini menjadi penting agar planning tabungan Anda dapat berjalan sesuai dengan yang Anda rencanakan.

 

Ambil KPR

Setelah DP terkumpul, ambil kredit KPR dengan bunga yang ringan dan menawarkan banyak kemudahan. Setelah Anda melampaui 2 tahun proses menabung, Anda akan terbiasa saving dan juga mudah untuk mengangsur kredit bulanan.

Untuk mengetahui biaya-biaya apa saja yang mesti Anda keluarkan saat mengambil kredit KPR, Anda bisa dapatkan informasinya melalui artikel Biaya Yang Timbul Saat Membeli Rumah KPR.[ppc]

 

Sumber gambar: makingsenceofcents.com

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Ingin Punya Properti di Usia Muda? Ini Caranya!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.