Strategi Mencari dan Mendapatkan Rumah Pertama

first home at rumah pertama

Membeli rumah pertama kalinya memang menjadi keputusan besar bagi siapa pun. Akan tetapi, harga rumah yang sekarang ini tergolong tinggi menjadikan calon pembeli merasakan berbagai macam kesulitan.

Bukan hanya dari keputusan dan pertimbangan, namun juga termasuk masalah finansial. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui strategi jitu dalam memilih, mendapatkan dan membeli rumah pertama seperti yang akan kami bahas berikut ini.

Baca juga: Mencari Rumah Idaman Dambaan Keluarga

 

Kumpulkan Informasi Dari Berbagai Sumber Seputar Rumah yang Akan Dipilih

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, Anda harus terlebih dahulu mencari informasi mengenai rumah yang Anda inginkan secara detail serta teliti. Khususnya mengenai informasi yang berhubungan dengan pembiayaan pembelian rumah.

first home at rumah pertamaDalam melakukan langkah pertama ini Anda dituntut untuk bisa melihat secara cermat sekaligus jeli mengenai tabel cicilan yang ditawarkan selama periode kredit untuk rumah impian Anda. Bandingkan selisih utang pokok dengan bunga pada awal periode kredit. Selain itu, pastikan Anda juga melihat periode bunga tetap yang diberlakukan.

Ketika Anda sudah mendapatkan semua informasi penting yang semestinya Anda perhatikan, silahkan mulai menentukan berapa anggaran dana yang Anda siapkan untuk membeli rumah.

Pertimbangkan hal ini dengan menyesuaikan pendapatan serta tabungan yang Anda miliki. Jangan lupa memperhitungkan berbagai biaya tambahan seperti cukai, renovasi dan masih banyak lagi dalam rincian dana. Jika memang perlu, lebih baik konsultasikan pertimbangan tersebut dengan bank atau pihak properti pilihan Anda.

Pertimbangan selanjutnya yakni memperhatikan siapa pengembang yang bertindak menangani rumah incaran Anda. Dalam hal ini Anda perlu memperhatikan track record dari developer, yaitu dengan mencari testimoni pembeli yang biasanya banyak bermunculan di internet. Ketahui pula proses serah terimanya seperti apa, hingga kualitas pembangunan bermacam proyek rumah yang pernah ditangani oleh pengembang.

Baca juga: Biaya Yang Timbul Saat Membeli Rumah KPR

 

Menentukan Metode Pembayaran Rumah

Cara pembayaran rumah yang umum digunakan atau ditawarkan oleh pengembangan diantaranya tunai keras dan tunai bertahap serta Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Tunai keras sangat tepat dipilih ketika Anda memiliki anggaran yang benar-benar memadai.

Para developer biasanya akan dengan senang hati memberikan diskon besar kepada pembeli rumah yang memilih menggunakan metode pembayaran ini. Akan tetapi, lebih baik Anda tidak memilih metode pembayaran tunai keras jka memang Anda tidak mampu membayar secara lunas seketika dengan nominal yang sangat besar.

Sementara, bagi Anda yang ingin memilih metode pembayaran yang menawarkan cicilan sesuai kondisi keuangan, maka KPR maupun tunai bertahap merupakan pilihan yang cenderung lebih aman.

Selesai menentukan metode pembayaran rumah idaman Anda, perhitungkan pula berbagai biaya tambahan diluar biaya pembelian rumah itu sendiri, seperti misalnya PPN, dan BPHTB. Tidak ada kisaran pasti yang bisa digunakan untuk perhitungan biaya tambahan ini.

Baca juga: 8 Sikap Menjadi Marketing Properti Yang Disukai Konsumen

 

Menerima Rumah Dalam Kondisi Baik

Jika Anda sudah memeriksa kondisi rumah dan semua biaya yang dibutuhkan, pastikan bahwa kondisi rumah yang ditawarkan dalam kondisi baik. Jangan lupa memperhatikan apa ada kerusakan-kerusakan kecil di rumah pilihan Anda.

Meskipun biaya perbaikan beberapa jenis kerusakan ringan untuk rumah baru tergolong kecil, tentu lebih baik jika Anda lebih teliti disaat membelinya. Hal ini untuk menghindarkan pengeluaran biaya tambahan untuk perbaikan.

Sementara kerusakan kecil yang Anda temukan bisa terlebih dahulu dikonsultasikan dengan penjualnya. Contohnya, seperti meminta penjual memperbaikinya, meminta garansi atau jaminan kerusakan untuk 1 periode (6 -12 bulan).

Baca juga: Dimanakah Lokasi TPU Perumahan Anda?

——–

Itulah beberapa strategi sebagai panduan yang bisa Anda lakukan untuk mencari dan mendapatkan rumah pertama Anda. Semoga sukses dalam misi pencarian.[ppc]

 

Sumber gambar: naeba.org

 

Be Sociable, Share!

5 thoughts on “Strategi Mencari dan Mendapatkan Rumah Pertama”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.