Teknik Pencahayaan Untuk Rumah Modern

teknik pencahayaan rumah

Rumah merupakan tempat kita untuk berkumpul bersama keluarga. Selain itu, rumah juga digunakan untuk tempat beristirahat. Karena fungsinya yang lebih ditekankan pada tempat dimana kehangatan didapatkan, maka untuk membangun rumah seyogyanya tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

teknik pencahayaan rumahApalagi saat ini, banyak orang mendesain rumah mereka sehingga tidak hanya nyaman tapi juga memiliki penampilan yang indah dan modern.

Untuk membuat sebuah rumah yang modern, ada banyak hal yang perlu diperhatikan terutama dalam pengaturan ruang-ruang dan interior rumah. Salah satu hal yang wajib Anda perhatikan ketika sedang melakukan penataan rumah ini adalah memperhatikan efek lighting di dalam rumah Anda.

Berikut ini adalah beberapa efek penerangan yang populer untuk perumahan yang modern yang bisa Anda terapkan di rumah Anda.

Baca Juga: Tips Saat Membeli Apartemen Untuk Investasi

 

Efek Accent Light

Salah satu jenis efek penerangan yang saat ini banyak diminati adalah efek accent light.

Efek accent light merupakan sebuah efek lampu yang tidak hanya digunakan untuk penerangan tapi juga digunakan untuk memberikan nuansa kehangatan. Efek lampu ini sangat cocok digunakan untuk ruangan-ruangan yang tidak ditujukan untuk melakukan kegiatan membaca seperti ruang kerja.

Hal ini disebabkan karena efek accent light ini memang tidak memberikan penerangan secara maksimal. Efek lampu ini biasanya digunakan untuk lampu tidur atau untuk menonjolkan benda-benda tertentu dari sebuah rumah ketika kondisi sedang gelap. Efek lampu ini sangat cocok untuk menimbulkan kesan dramatis atau suasana kehangatan.

Selain digunakan untuk lampu pada saat tidur efek lampu accent ini juga sangat cocok digunakan untuk penerangan di ruang keluarga. Selain menghindarinya untuk penerangan di ruangan kerja, sebaiknya jangan gunakan efek lampu ini untuk ruangan-ruangan yang memiliki sifat ceria seperti ruang makan dan juga ruang bermain anak.

Baca Juga: Beda Hak Guna Bangunan, Hak Milik, Dan Hak Guna Usaha

 

Efek Task Light

Selain efek accent light salah satu efek lampu yang bisa Anda gunakan untuk rumah Anda adalah efek lampu ini.

Efek lampu ini sama seperti efek lampu accent light yaitu merupakan efek lampu yang tidak bisa digunakan untuk semua ruangan. Hal ini disebabkan karena efek lampu ini sesungguhnya merupakan efek lampu yang digunakan pada spot tertentu. yaitu untuk efek lampu di ruang kerja.

Meski digunakan untuk ruang kerja efek lampu ini bukan ditujukan untuk penerangan secara menyeluruh melainkan berfokus pada objek yang digunakan untuk bekerja yaitu objek meja kerja.

Jadi ketika Anda sedang membuat meja kerja tidak masalah jika Anda menggunakan lampu-lampu yang tidak terlalu terang karena Anda bisa memanfaatkan efek task light ini ketika Anda bekerja yang dipadukan dengan efek dari lampu fluorescent (lampu neon).

Keseimbangan cahaya antara efek lampu fluorescent (neon) dengan efek lampu task light akan mencegah terjadinya kelelahan mata dan pusing kepala.

Baca Juga: Biaya Yang Timbul Saat Membeli Hunian Secara KPR

 

Efek Ambient Light

Efek ambient light ini merupakan efek yang cukup mirip dengan accent light. Hal ini disebabkan karena penerangan yang diberikannya juga tidak terang seperti lampu pada umumnya.

Jenis lampu yang digunakan untuk efek light ini memiliki daya terang yang lebih lembut dari pada lampu halogen.

Jika lampu accent light merupakan jenis lampu yang digunakan untuk memberikan efek dramatis, jenis penerangan ambient llight ini merupakan jenis yang digunakan untuk memberikan efek relaksasi.

Hal ini menyebabkan jenis lampu ini sangat cocok digunakan untuk ruang tidur. Selain untuk ruang tidur, efek penerangan ini juga sangat cocok digunakan untuk jenis-jenis ruangan yang bisa digunakan untuk beristirahat seperti ruang keluarga.

Memiliki rumah dengan efek lampu yang tepat selain akan menambah nilai rumah karena memberikan penampilan yang indah juga bisa digunakan untuk membangun mood.

Oleh karena itu, untuk membangun kenyamanan dan kehangatan dalam keluarga Anda, maka buatlah rumah Anda dengan menggunakan efek-efek lampu yang cocok dan sesuai dengan fungsi dari efek-efek lampu diatas.[ppc]

 

Sumber gambar: crewsing.us

 

Be Sociable, Share!

One thought on “Teknik Pencahayaan Untuk Rumah Modern”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.