Tips Membangun Kos-kosan yang Menguntungkan

Siapa sih yang tidak ingin memiliki bisnis dalam bidang properti? Harga properti setiap tahunnya bisa naik, sehingga bisnis ini cocok digunakan sebagai investasi masa depan.

Bisnis properti tidak hanya jual beli rumah, tetapi membangun kos-kosan juga termasuk bisnis properti.

Anda bisa membangun kos-kosan yang nyaman agar diminati oleh semua orang, oleh karena itu Anda membutuhkan tips membangun kos-kosan.

Baca juga: 4 Kiat Menabung untuk Membayar DP Rumah

8 Tips Membangun Kos-kosan Terbaik

Tips membangun rumah kost yang menguntungkan

Saran bagi yang ingin membuka bisnis kos-kosan, sebaiknya jangan membangun kos seperti pada umumnya. Buatlah kos-kosan terbaik supaya peminatnya banyak.

Awal perencanaan membangun kos, diperlukan ide-ide untuk memuat bangunan kos yang berbeda dengan lainnya.

Kesulitan membangun kos terbaik sekarang Anda rasakan, tetapi Anda bisa menghilangkan kesulitan tersebut dengan melihat tips membangun kos-kosan terbaik pada berikut ini.

1. Pilih tanah kos di lokasi strategis

Tips membangun kos-kosan terbaik yang pertama adalah memilih lokasi strategi. Survey beberapa lokasi yang jaraknya dekat dengan kantor, kampus, pusat belanja, tempat makan, rumah sakit, dan jalan raya.

Lokasi strategis membuat kos Anda memiliki nilai plus. Kebanyakan penyewa kos memilih lokasi yang akses jalannya mudah, sehingga ingin kemanapun bisa dilakukan tanpa perlu ribet.

Baca juga: 3 Tahap Awal Memulai Bisnis Properti

2. Membangun kos dengan desain bagus dan unik

Bila melihat beberapa kos disekitar lingkungan, desain bangunan kos biasa. Pada waktu membangun kos lebih baik persiapkan desain yang bagus serta unik.

Biasanya orang lebih tertarik pada kos yang desainnya seperti itu. Anda tidak boleh melewatkan kesempatan ini untuk membangun kosan desain terbaik.

Desainnya tidak perlu mewah, tonjolkan desain minimalis namun ada sentuhan unik di setiap hiasan dan warna bangunan kos.

3. Membuat kamar kos yang nyaman

Salah satu kriteria orang dalam memilih kos yaitu ruang kamar harus nyaman.

Artinya dalam ruang kamar tidak terganggu dengan hal lain seperti berisik, penerangan yang kurang, pengap dan lainnya.

Baca juga: Cara Pintar Investasi Rumah

4. Keamanan terjaga

Kenyamanan tidak hanya ada di ruang kamar saja, penyewa juga harus mendapatkan kenyamanan di luar kos.

Lengkapi kosan Anda dengan security agar keamanan kos tetap terjaga. Bangun pos satpam di depan kos dekat pagar.

Pastikan bahwa ada satpam penjaga selama 24 jam. Tugas satpam menjaga keamanan kosan serta menerima laporan tamu yang masuk ke dalam kos.

5. Membuat ventilasi kamar

Kebanyakan kamar kos tidak memiliki ventilasi seperti jendela. Padahal ventilasi sangat penting untuk pertukaran udara agar tidak pengap.

Ventilasi tambahan harus dibuat di salah satu sudut kamar. Adanya ventilasi membuat cahaya matahari masuk ke ruangan kamar lebih mudah.

Lengkapi ventilasi dengan pengharum ruangan, letakkan pengharum di dekat jendela sehingga angin yang masuk aromanya harum.

Ventilasi kamar hanya untuk kos yang tidak menggunakan AC. Bila Anda memberikan fasilitas AC pada kamar kos, sebaiknya pasang jendela kaca supaya kamar lebih terang ketika siang hari dan cahaya matahari tetap bisa masuk.

Baca juga: Strategi Mencari dan Mendapatkan Rumah Pertama

6. Memberikan fasilitas tambahan

Tips membangun kos-kosan terbaik berikutnya yaitu menyediakan fasilitas tambahan. Perhatikan fasilitas tambahan secara khusus, karena penyewa selalu bertanya tentang fasilitas tambahan.

Adapun fasilitas tambahan yang dapat Anda sediakan yaitu layanan wifi gratis, laundry, catering, cleaning service, dan masih banyak lainnya.

Fasilitas tambahan melengkapi kebutuhan penghuni kos, para penyewa pasti sangat tertarik.

7. Warna cat dinding terang

Penyewa kos lebih tertarik dengan bangunan cerah. Warnai dinding kosan dengan warna cerah. Anda bisa melakukan kombinasi warna seperti putih, hijau toska, kuning, pink, dan lainnya.

Untuk ruangan kamar, Kami sarankan menggunakan warna putih agar tidak mengganggu penerangan.

Baca juga: 5 Faktor Kenaikan Harga Rumah Tiap Tahun

8. Harga sewa kos sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan

Pasanglah harga sewa kos yang kompetitif. Anda bisa memasang harga berdasarkan fasilitas kos yang telah diberikan.

Tawarkan harga yang sebanding dengan fasilitasnya. Penyewa tidak berpikir jika Anda menawarkan harga seperti itu.

Itulah tips membangun kos-kosan terbaik dan menguntungkan. Jadi membangun kosan jangan asal, Anda harus memikirkan apa yang diinginkan oleh calon penyewa.

Dimulai dari desain hingga memberikan fasilitas terbaik bagi mereka. Pastikan bangunan kos Anda menjadi tempat tinggal impian yang diidamkan calon penyewa.[pp]

Be Sociable, Share!

3 thoughts on “Tips Membangun Kos-kosan yang Menguntungkan”

  1. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di https://jasakontraktor-architectjogja.com/
    . Sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.