7 Cara Aman Beli Rumah Tanpa Riba

jangan-termakan-promosi

Artikel cara aman membeli rumah tanpa riba ini sengaja diposting untuk memberikan gambaran bagi Anda yang terdesak kebutuhan akan rumah idaman, namun ingin tetap ber-husnudzon dalam upaya mencapai goals Anda tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bila saat ini di jagad internet seperti YouTube, maupun di lini masa, seperti Instagram bertebaran informasi mengenai “Dijual rumah tanpa riba”, “Rumah syariah pintu keberkahan”, “Rumah idaman menuju surga Allah”, maupun sejumlah aneka jargon lainnya, yang dijual oleh para pengembang atau developer properti syariah.

Dari sedemikian banyak iklan yang bertebaran tersebut, tahukah Anda yang mana yang dapat menjamin rumah yang Anda idam-idamkan bakal terwujud? Tentu tidak ada yang bisa menjamin kecuali Anda sendiri selaku calon pembeli properti syariah tanpa riba yang mesti melakukan pengamatan atau menemukenali developer properti syariah.

Bukan artinya Anda tidak percaya terhadap developer properti syariah yang kian menjamur bak jamur di musim hujan belakangan ini, melainkan Anda tetap harus waspada atas gencarnya iklan yang ditawarkan secara masif.

Membeli rumah atau properti syariah, terkhusus melalui developer properti syariah memang berbeda bila Anda membelinya dengan bantuan pihak perbankan, karena pihak perbankan sudah pasti akan meneliti terhadap obyek yang dikerjasamakan.

Bagaimana bila Anda membelinya dan bertransaksi langsung dengan pihak developer tanpa bantuan pihak perbankan? Sudah semestinya Anda pun meneliti sosok developer seperti apa yang akan Anda ajak untuk mewujudkan rumah impian Anda.

Tips Beli Rumah Tanpa Riba Dengan Aman

Cara membeli rumah tanpa riba dengan aman, tentu menjadi harapan bagi banyak umat muslim. Pasalnya, ditengah-tengah gencarnya iklan yang ditawarkan secara masif, masih ada saja oknum-oknum yang mengatasnamakan pengembang properti syariah tanpa riba yang menipu konsumennya, alih-alih untuk menghindari dosa.

7 cara aman membeli rumah tanpa riba berikut ini dapat Anda jadikan pedoman saat akan bertransaksi rumah syariah tanpa riba.

#1. Jangan Termakan Promosi

jangan-termakan-promosi

Hal ini penting untuk digarisbawahi. Promosi menjadi langkah paling strategis dalam memasarkan sebuah produk, agar bagaimana produk tersebut dikenali, dan membuat konsumen melirik dan melakukan pembelian.

Terkadang materi promosi yang menggiurkan mampu menghipnotis konsumen untuk segera bertransaksi. Para konsumen dibuat untuk tidak bisa berpikir lebih panjang, lebih cermat, dan lebih teliti, dan langsung bertransaksi.

Begitupun saat membeli rumah syariah tanpa riba, jangan sampai Anda termakan oleh promosi gencar yang ditawarkan oleh pihak developer.

#2. Cek Developer

cek-developer-properti

Seperti beli kucing dalam karung, untuk mendapatkan transaksi yang aman dalam pembelian rumah tanpa riba, maka Anda perlu menemukenali developer yang menjual rumah secara syariah.

Bagaimana eksistensinya dalam industri pembangunan dan penjualan rumah tanpa riba, bagaimana track record-nya, sudah berapa project sukses yang dihasilkan, dan lalu apakah developer tersebut tergabung dalam APSI (Asosiasi Properti Syariah Indonesia) atau DPSI (Developer Properti Syariah Indonesia).

Keduanya adalah bentukan para pengembang atau developer properti syariah di Indonesia, sama halnya dengan REI (Real Estate Indonesia) sebuah organisasi yang mewadahi pengembang real estate di Indonesia.

#3. Cek Lahan

cek-lahan-properti

Dalam menjalankan usahanya, developer properti syariah banyak yang melakukan kerja sama dengan pemilik lahan. Sebagaimana diketahui, lahan merupakan salah satu modal besar dalam bisnis perumahan..

Lahan-lahan yang cukup luas dan menganggur tentu saja menjadi incaran para pelaku usaha perumahan tanpa riba, karena bila itu sudah dikuasai, maka mereka hanya perlu sedikit modal saja untuk menjalankan usahanya, karena sebagian lainnya itu datang dari Anda sebagai konsumen yang membayar cicilan.

Agar Anda tidak menjadi calon korbannya, tidak ada salahnya bila Anda melakukan pengecekan atas lahan tempat pengembangan perumahan syariah tersebut, salah satunya ke pihak kelurahan atau desa setempat, terkait kepemilikan maupun apakah lahan dimaksud menjadi obyek sengketa.

#4. Beli Rumah Jadi

beli-unit-rumah-ready-stock

Membeli rumah yang sudah jadi merupakan cara aman berikutnya dalam rangka mewujudkan impian Anda memiliki rumah secara aman.

Anda tentu akan ketar-ketir manakala rumah incaran Anda, yang sudah Anda setori DP dan angsuran, namun setelah sekian lama tidak kunjung dibangun. Sudah pula uang masuk, tetapi bangunan belum juga bisa Anda tempati.

Maka, membeli rumah yang sudah jadi alias unit sudah dibangun (ready stock) adalah salah satu cara aman dalam bertransaksi rumah syariah.

#5. Beli Rumah Secara Cash

beli-rumah-secara-cash

Dalam pembahasan di artikel sebelumnya, Pilih beli rumah melalui Developer Syariah atau KPR Syariah, dinyatakan bahwa karena pihak developer syariah sepenuhnya menggunakan modal sendiri, maka tahapan untuk sampai pada serah terima kunci umumnya akan berlangsung dalam waktu yang tidak sebentar, pasalnya pembangunan unit rumah akan bergantung pada ketersediaan dana, salah satunya dari cicilan yang masuk.

Hal ini, tentu saja mengundang potensi atau resiko masalah atas kesulitan pembangunan rumah yang diakibatkan terhambatnya cicilan yang masuk dari konsumen.

Maka membeli rumah tanpa riba secara cash menjadi cara yang aman bila Anda memang sudah tertarik dengan konsep yang ditawarkan.

#6. Cek Legalitas Perumahan

cek-legalitas-perumahan

Cara mengecek legalitas perumahan, sebenarnya mudah saja. Anda tinggal menanyakannya langsung pada pihak developer, seperti apa perizinan yang sudah ditempuh.

Apakah perumahannya sudah mengantongi IMB (Izin Mendirikan Bangunan), atau baru sebatas penyelesaian dokumen rencana tapak (site plan), atau bahkan masih dalam tahapan proses perizinan awal seperti Keterangan Rencana Kota (KRK).

Agar bisa Anda pilih dalam transaksi pembelian rumah, tentunya pihak developer harus memberikan informasi yang transparan dan valid.

Bila Anda sulit mendapatkan informasi dari pihak developer properti syariah tersebut, atau dalam rangka untuk mendapatkan sandingan informasi yang akurat terkait rangkaian proses perizinan yang sudah ditempuh oleh developer, maka disarankan agar Anda mengeceknya langsung ke bagian perizinan IMB di kabupaten atau kota tempat proyek perumahan dikembangkan.

Anda bisa mendatangi langsung ataupun bersurat ke bagian perizinan di pemerintah kabupaten atau kota tempat proyek rumah dikembangkan. Di beberapa daerah, bagian perizinan bernama Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Pelayanan Pajak (Disyanjak), Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT).

#7. Beli Melalui Situs Terpercaya

beli-rumah-melalui-situs-terpercaya

Peran teknologi informasi dewasa ini kian kuat merasuk hati para konsumen. Konsumen dimanjakan dengan banyaknya informasi yang masuk tanpa harus mendatangi satu persatu perumahan yang diincarnya.

Dengan bermodalkan budget minim, para pengembang atau developer properti syariah dapat menyebarluaskan informasi rencana pengembangan perumahan yang dibangunnya melalui situs-situs internet.

Dibalik itu, konsumen tentu akan sulit untuk memastikan mana developer properti syariah yang benar-benar menjual produk secara syariah, atau yang hanya alih-alih menawarkan produk properti syariah padahal sedang menebar ancaman melalui modus penipuan.

Penutup

Itulah 7 tips aman beli rumah tanpa riba yang bisa Anda cermati, dan semoga Anda tidak salah langkah dalam upaya punya rumah tanpa riba dan mendapatkan keberkahan di dunia maupun di akhirat.[ppc]

Sumber gambar: Praxisauril, Themephe, Pakistan Online, Market Watch, JWG Push Fresno, Champions Green County, Bobvila

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.