8 Keuntungan Sewa Apartemen Dibanding Sewa Kos

apartemen sewa

Membaca judul artikel diatas, apakah Anda termasuk salah satu yang akan mencari apartemen untuk Anda sewa? Jika iya, rasanya Anda harus menuntaskan membaca artikel 8 Keuntungan Sewa Unit Apartemen Dibanding Sewa Kos ini hingga akhir.

Ok, ada 8 alasan mengapa Anda seharusnya memilih sewa apartemen dibanding sewa kos-kosan.

Euforia dalam pembangunan apartemen belakangan ini yang telah menjalar ke pinggiran kota, sementara kemampuan orang untuk membeli apartemen masih terbatas, yang menyebabkan apartemen hanya mampu dibeli oleh orang-orang yang memang berduit.

Sementara, orang-orang berduit tersebut sudah memiliki banyak properti baik rumah, ruko maupun unit apartemen, sehingga ketika ada apartemen yang baru dijual, orang berduit tersebut membeli unit apartemen hanya untuk kebutuhan investasi, bukan untuk ditinggali.

Inilah yang kemudian menyebabkan banyak unit apartemen seolah tidak berpenghuni, yang belakangan justru dilirik sebagai salah satu sumber potensi pemasukan bagi investor properti, sementara gayung bersambut, disisi lain masih banyak orang yang mencari hunian untuk disewa selain rumah kontrakan, ataupun rumah kos-kosan. 

Baca juga: Inilah Ciri Properti Syariah Yang Perlu Anda Tahu

Strategis

Sebagaimana layaknya pengembang apartemen yang sangat bisa dipastikan sudah melakukan sejumlah analisis resiko, maupun kajian teknis dalam memilih lokasi yang strategis, maka Anda selaku calon penyewa apartemen, tidak perlu pusing lagi memikirkan lokasi hunian yang akan Anda sewa.

Jaminan bahwa apartemen berada di lokasi yang strategis dekat ke lokasi atau pusat kegiatan sangat bisa dipastikan.

Berbeda dengan rumah kos atau kontrakan, yang terkadang lokasinya sulit untuk ditemukan. Seketika Anda pasti akan membayangkan saat sanak famili dari kampung akan bersilaturahmi kepada Anda.

Transportasi

Karena berada di lokasi strategis, sangat mungkin apartemen tersebut dilalui oleh kendaraan transportasi publik, seperti angkot, bis, kereta, LRT, atau transportasi online, pilihan kepada Anda untuk menyesuaikan antara transportasi publik yang ada dengan lokasi aktifitas Anda, seperti jika Anda bekerja, berwirausaha, atau kuliah.

Beberapa pengembang apartemen memang mendekatkan diri para jalur atau koridor transportasi publik, misalnya apartemen yang dibangun oleh Adhi Karya yang mendukung jalur LRT (Light Rail Transit).

Tentu berbeda dengan rumah kos atau kontrakan yang umumnya berada di lokasi jauh dari jalan utama kota.

Baca juga: Penyederhanaan Regulasi Pengembang Properti

Perabotan

Bicara perabotan, umumnya investor properti telah menyiapkan unit apartemennya dengan perabotan, atau pada saat awal dibeli sudah include perabotan, atau biasa dikenal dengan istilah fully furnished.

Sehingga Anda tidak perlu pusing untuk membeli atau menyiapkan sendiri perabotan untuk hunian apartemen yang Anda sewa.

Ini tentu jauh lebih praktis jika dibanding dengan rumah kontrakan atau rumah kos, yang mayoritas untuk perabot disiapkan sendiri oleh calon penyewa.

Keamanan

Soal keamanan, bisa dipastikan hampir tidak ada apartemen yang tanpa dilengkapi satuan tugas pengamanan, yaitu Satpam atau petugas sekuriti, yang telah ditunjang dengan skill memadai, karena biasanya terlatih. Belum lagi alat penunjang keamanan, seperti CCTV di setiap sudut gedung, bangunan, lantai.

Umumnya juga, apartemen menerapkan one gate system, yang artinya untuk dapat masuk ke unit apartemen, selain penghuni maka pengunjung atau tamu tidak bisa keluar masuk seenaknya saja, melainkan harus melewati prosedur keamanan yang wajib dipatuhi, seperti meninggalkan KTP.

Keamanan unit apartemen yang Anda sewa dipastikan terjamin. Bandingkan bila Anda menyewa rumah kontrakan atau rumah kos, karena Anda yang baru tinggal di lingkungan rumah kos tentu belum familiar dengan kondisi sekitar, apakah banyak maling maupun potensi gangguan yang lainnya.

Baca juga: Memilih Apartemen Untuk Investasi Properti

Pemandangan

sewa apartemen

Jaminan akan view atau pemadangan yang indah dari atas bangunan tentu dimiliki oleh apartemen jika dibandingkan dengan rumah kontrakan atau rumah kos yang umumnya landed.

Beberapa rumah kos memang ada yang berdiri beberapa lantai, namun umumnya, atau sangat jarang dijumpai yang berdiri lebih dari 3 lantai. Tentu berbeda dengan apartemen yang umumnya karena memaksimalkan lahan yang ada, maka dibangun dengan minimal 5 lantai, meski banyak dijumpai apartemen berjumlah diatas 10 lantai.

Fasilitas

Selain keamanan, unit apartemen sangat bisa dipastikan telah tersedia listrik maupun air, dan beberapa apartemen bahkan telah menyediakan suplai gas untuk memasak, sehingga Anda tentu tidak perlu repot-repot menenteng tabung gas.

Untuk listrik, umumnya apartemen telah dilengkapi pula dengan generator set (genset), sehingga jika tiba-tiba terjadi pemadaman listrik Anda dapat tetap nyaman berada di dalam unit apartemen Anda.

Baca juga: Beda Hak Guna Bangunan, Hak Milik, Dan Hak Guna Usaha

Maintenance

Pasca pembangunan, pengembang apartemen umumnya menyiapkan divisi yang bertugas mengelola apartemen yang mencakup segala hal, seperti perawatan gedung, kebersihan lantai, perbaikan bila ada kerusakan di unit apartemen, maupun hal-hal lainnya yang telah menjadi kesepakatan.

Untuk hal ini, biasanya penghuni akan dikenakan sejumlah biaya, yang dilakukan berdasarkan kesepakatan antara pihak manajemen gedung dengan penghuni atau perwakilan penghuni.

Untuk hal ini, saat awal bernegosiasi dengan pemilik unit apartemen harus sudah jelas dan disepakati bersama, biaya maintenance menjadi tanggungan siapa.

Parkir

Jangan lupa, jika Anda menyewa unit apartemen dengan membawa kendaraan pribadi, misal mobil, maka pengembang apartemen bisa dipastikan juga telah menyiapkan parkir sebanyak unit apartemen yang ada.

Jika ada apartemen dengan 3 tower, dan 10 lantai, yang apartemennya berjumlah 300 unit, maka hampir bisa dipastikan tersedia 300 saturan ruang parkir yang diperuntukkan bagi penghuni.

Kecuali pengembang yang nakal, bisa saja satuan ruang parkirnya tidak sesuai dengan unit apartemen yang dijual. Kebutuhan parkir gedung bertingkat seperti apartemen tentu sudah melalui kajian instansi pemerintah pemberi izin.

Sementara untuk rumah kos, karena terbatasnya lahan, dijamin parkir mobil disediakan seadanya saja oleh pemilik kos.

Baca juga: 8 Penyedia Jasa Pembuatan Site Plan

Itulah 8 alasan mengapa seharusnya Anda menyewa apartemen dibandingkan dengan menyewa kos-kosan atau rumah kontrakan.

Dengan 8 penjelasan diatas, sudah terbayangkah Anda condong memilih yang mana? Ingat, untuk memilih sesuaikan pula dengan keuangan Anda, plus minus dengan jarak dari aktifitas harian Anda.

Untuk harga sewa, negosiasikan dengan pemilik unit apartemen secara detil, jelas dan transparan tentang biaya-biaya yang ada dan menjadi tanggungan siapa. Apakah biaya sewa sudah mencakup biaya-biaya lain atau belum.

Sebagai tambahan informasi, saat ini ada rumah kos yang sudah lengkap dengan furnitur dan pendingin ruangan dibandrol dengan harga Rp 1,5 juta per bulan, sementara ada pula unit apartemen yang juga sudah lengkap, baik furnitur dan AC ditawarkan dengan harga Rp 2 juta per bulan.

Terlihat lebih murah rumah kos, namun apakah memang benar-benar murah rumah kos, silahkan 8 alasan diatas sebagai bahan perbandingan untuk Anda menghitung lebih rinci lagi. Jangan sampai terlihat lebih murah, namun ternyata tidak benar-benar murah.

Ok? Selamat mempertimbangkan.[pp]

Sumber gambar: Fenway Realty

Be Sociable, Share!

One thought on “8 Keuntungan Sewa Apartemen Dibanding Sewa Kos”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.