Bangun Kost Kostan Di Lahan 7×23 Miliki Potensi Income Rp 27 Juta/Bulan

@idedenahrumah-denah-kostan-7x23

Bila Anda memiliki rumah satu lantai pada sebidang lahan berukuran 7×23 meter persegi di sebuah perumahan, dan terlebih bila lokasi rumah Anda itu berada di seputar area kampus, kenapa Anda tidak berpikir untuk menyulapnya menjadi kost kostan saja, misal jadi kostan dekat UI, kostan dekat STAN, atau kostan dekat Unpad.

Atau, jangan-jangan memang Anda sudah memanfaatkan lahan dengan rumah diatasnya itu, namun bukan berupa kost kostan, melainkan rumah dengan 5 kamar yang telah Anda sewakan kepada satu kelompok mahasiswa dengan sistem pembayaran tahunan.

Sejatinya Anda memang tidak terlalu mempedulikan berapa jumlah mahasiswa di dalam rumah yang Anda sewakan itu, karena menurut Anda terpenting adalah biaya sewanya. Ok, kalau begitu, saya coba menebak biaya sewa tahunan rumah Anda itu oleh sekelompok mahasiswa tadi.

Mungkin sekitar Rp 15 sampai Rp 25 juta setahun, benar tidak? Untuk pasti benar atau tidaknya, Anda yang tahu. Bila pun benar, berarti Anda telah cukup jeli memanfaatkan peluang yang ada di depan mata Anda.

Namun, apakah itu worth it? Menurut saya, potensi pendapatan dari aset Anda tersebut masih bisa ditingkatkan lagi. Memang sih, membutuhkan modal yang relatif besar untuk menyulapnya menjadi sebuah mesin uang dengan potensi pendapatan Rp 25 juta per bulan.

Ingat yah, per bulan, bukan per tahun. Jadi sekali lagi, Rp 25 juta-nya itu per bulan, bukan per tahun. Lalu, bagaimana caranya?

Simak penjelasannya berikut ini.

Denah Dan Fasade Bangunan Dari @idedenahrumah

Untuk mulai mewujudkannya, kita mulai dengan mempersiapkan denah bangunan diatas lahan 7×23 meter persegi. Bila Anda tidak menguasai bagaimana membuat denah yang pas dengan rencana, Anda bisa meminta bantuan pihak lain.

Dikutip dari laman akun Instagram @idedenahrumah, bila Anda memiliki lahan dengan luas 7×23 meter persegi saja, Anda sudah bisa menyulapnya dari semula hanya 5 kamar menjadi total 18 kamar, dengan konstruksi bangunan 2 lantai.

Bila tiap kamarnya Anda sewakan Rp 1 juta saja, maka setiap bulan Anda akan mendapat pemasukan sebesar Rp 18 juta, bayangkan bila Anda menyewakannya dengan harga Rp 1,5 juta, maka tiap bulan Anda akan memiliki pemasukan sebesar Rp 27 juta.

Sangat menarik bukan?

Nah, seperti apa desainnya, dan tertarik untuk ingin tahu lebih banyak informasi dari @idedenahrumah, dibawah ini ada beberapa tahapan untuk bisa Anda ketahui, sebagaimana dikutip dari laman @idedenahrumah.

Baca juga: Tips Membangun Kos-kosan yang Menguntungkan

Denah Kost Kostan 7×23

Bangunan 2,25 lantai, dengan 9 kamar di lantai 1, dan 9 kamar di lantai 2, ini dilengkapi pula dengan 1 ruang tamu dan 1 pantry di lantai 1, dan 1 ruang bagi penghuni di lantai 2. Masing-masing kamar memiliki luas 9,975 meter persegi dengan kamar mandi di dalam.

@idedenahrumah-denah-bangunan-kostan-7x23

Selain itu, pada bangunan ini siapkan pula dilantai 3 berukuran 3×4,5 meter persegi yang bisa dipergunakan untuk area servis.

Baca juga: 3 Tahap Awal Memulai Bisnis Properti

Fasade Bangunan Kost Kostan 7×23

Jika melihat desain fasade bangunan kost-kostan dibawah ini, sekilas nampak seperti bangunan rumah tinggal.

@idedenahrumah-fasade-bangunan-7x23

Karena memaksimalkan lahan yang terbatas, maka kost kostan 18 kamar ini, hanya cocok bagi calon penghuni kost yang tidak menggunakan kendaraan roda empat. Maksimal hanya menggunakan motor saja, sebagaimana tampak dalam gambar diatas, yang tersedia hanya untuk parkir motor saja.

Baca juga: Tips Dekorasi Rumah Minimalis yang Menawan

Potongan Bangunan Kost Kostan 7×23

Dibawah ini adalah potongan gambar bangunan kost kostan 7×23. Dalam gambar potongan tampak konstruksi bangunan kost kostan tersebut, mulai dari pondasi hingga atap.

@idedenahrumah-potongan-7x23

Gambar potongan tersebut menjadi panduan pada saat pelaksanaan konstruksi, terkait dengan ukuran, bentuk konstruksi pondasi, lantai, dan atap.

Baca juga: Peluang Usaha Jasa Desain Rumah Via Instagram

Tampak Atas Bangunan Kost Kostan 7×23

Gambar dibawah ini adalah tampak atas bangunan kost kostan 2,5 lantai diatas lahan 7×23.

@idedenahrumah-tampak-atas-7x23

Baca juga: Anda Pilih Rumah Cluster Murah Atau Rumah Perumahan Murah?

Jasa @idedenahrumah

Tim @idedenahrumah menawarkan jasa desain yang dibagi ke dalam beberapa tahapan, yaitu tahap 1 pembuatan denah, bila telah selesai tahap 1 maka beranjak ke tahap 2 pembuatan 3D eksterior.

Selanjutnya, ke tahap 3 yaitu pembuatan gambar tampak dan potongan, serta tahap ke 4 yaitu pembuatan gambar konstruksi lengkap dan RAB.

#Tahap 1 : Denah

Bila Anda benar-benar tertarik untuk memiliki kost kostan dengan jumlah 18 kamar, Anda bisa mengawalinya dari tahap ini, yaitu pembuatan denah konseptual, diatas lahan 7×23 meter persegi.

Namun, bila ternyata lahan yang Anda miliki lebih luas atau bahkan lebih kecil, Anda tetap dapat menyesuaikan gambar maupun jumlah kamar yang Anda inginkan.

Anda dapat mengajukan usulan jumlah kamar lebih dari 18, bila lahan yang Anda miliki ternyata lebih luas, atau pun sebaliknya, bila lahan yang Anda miliki lebih kecil.

Usulan tersebut nantinya tetap akan diolah dan dikerjakan oleh tim @idedenahrumah, dan bila sudah selesai, langkah selanjutnya tim @idedenahrumah akan meminta persetujuan Anda.

Namun bila Anda masih belum puas dengan denah usulan yang dibuat tim @idedenahrumah, Anda diberi kesempatan untuk mengajukan revisi, hingga pada akhirnya Anda setujui.

@idedenahrumah-tahap-1

Durasi waktu yang disiapkan oleh tim @idedenahrumah sekitar 3 hari untuk menyelesaikan sebuah order denah rumah. Bergantung pada luasan lahan, luasan bangunan dan tentu saja kerumitan, antara usulan yang harus diakomodir disesuaikan dengan luas lahan, serta kelayakan bangunan.

Bicara luasan lahan, maka @idedenahrumah menetapkan harga untuk jasa yang ditawarkan mulai Rp 350 ribu untuk desain luas bangunan hingga 100 meter persegi 1 lantai.

#Tahap 2 : 3D Eksterior

Bila tahap pertama sudah selesai, dan Anda sudah memiliki denah bangunan kost kostan, lalu Anda menginginkan desain yang dapat dilihat secara 3 dimensi, maka di tahap kedua inilah dimungkinkan apa yang Anda inginkan.

@idedenahrumah-tahap-2

Dengan biaya Rp 700 ribu, Anda akan mendapatkan desain 3 dimensi eksterior non render, serta gambar ilustratif.

#Tahap 3 : Tampak dan Potongan

Dua tahap sudah Anda lalui, tahap selanjutnya adalah tahap 3, dan @idedenahrumah memasang biaya jasa sebesar Rp 700 ribu.

@idedenahrumah-tahap-3

Pada tahap 3 ini Anda akan mendapatkan denah engineering, tampak engineering, dan gambar potongan-potongan.

#Tahap 4 : Gambar Konstruksi dan RAB

Gambar konstruksi lengkap yang terdiri dari gambar detail arsitektur (plafond, keramik, kusen, pintu dan jendela). Lalu, gambar struktur (pondasi, sloof, kolom, balok, dak beton), dilengkapi pula dengan gambar-gambar elektrikal (titik lampu, saklar, stop kontak).

@idedenahrumah-tahap-4

Serta gambar-gambar plumbing (jaringan air bersih, air hujan, air kotor, maupun air tinja), dan termasuk Rencana Anggaran Biaya (RAB) adalah merupakan rangkaian pekerjaan pada tahap 4.

Untuk tahap 4 sendiri @idedenahrumah mematok harga Rp 1,1 juta.

Baca juga: 7 Keunggulan dari Investasi Properti

Rincian Biaya Jasa

Biaya jasa diatas, adalah biaya per masing-masing tahapan untuk bangunan 1 lantai dengan luas < 100 meter persegi. Artinya, total 4 tahap untuk bangunan 1 lantai dengan luas bangunan < 100 meter persegi akan dikenakan biaya Rp 2,85 juta.

Bila jumlah lantai dan jumlah luas bangunan lebih dari itu, maka selengkapnya tampak dalam tabel dibawah ini.

Jumlah LantaiLuas Bangunanx Price ListPrice ListTotal
1< 100 m21 x price listRp 2.850.000Rp 2.850.000
101-150 m21,5 x price listRp 2.850.000Rp 4.275.000
151-200 m22 x price listRp 2.850.000Rp 5.700.000
201-250 m22,5 x price listRp 2.850.000Rp 7.125.000
250-300 m23 x price listRp 2.850.000Rp 8.550.000
Dstnya.   
2< 200 m22 x price listRp 2.850.000Rp 5.700.000
201-250 m22,5 x price listRp 2.850.000Rp 7.125.000
251-300 m23 x price listRp 2.850.000Rp 8.550.000
Dstnya.   

Harga atau biaya jasa diatas berlaku hingga 31 Desember 2020, dan telah dimulai sejak 1 Januari 2020.

Bila Anda berencana membangun atau merenovasi rumah maupun bangunan usaha Anda, dan tertarik mendapatkan desain lengkapnya? Silahkan hubungi @idedenahrumah, melalui kontak WhatsApp 081914667788.

****

Penutup

Wujudkan desain yang telah dibuat oleh tim @idedenahrumah tersebut secara riil dengan mencari kontraktor yang handal. Bila Anda telah memiliki kontraktor langganan, tentu Anda tidak perlu repot-repot menyelaraskan keinginan Anda dengan pihak kontraktor.

Namun bila belum, maka Anda perlu mencarinya dengan hati-hati. Mengapa demikian? Karena untuk dapat mewujudkan hasil desain secara maksimal, tentu membutuhkan kontraktor yang handal, dalam arti mampu menterjemahkan tiap desain berdasarkan RAB yang ada.

Jangan sampai, kontraktor yang mengerjakan desain 7×23 tersebut salah membaca desain yang ada. Salah membaca bisa berakibat fatal, baik dari sisi kontruksi maupun efisiensi anggaran.[ppc]   

Sumber gambar: @idedenahrumah

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.