Peluang Usaha Jasa Desain Rumah Via Instagram

jasa desain rumah via instagram

Anda yang memiliki background di bidang arsitektur, sudah seharusnya melirik sebuah peluang usaha jasa desain rumah via Instagram. Kemampuan Anda dalam mendesain rumah sebaiknya memang jangan dinikmati untuk diri sendiri saja.

Kemampuan Anda tersebut, atau jika Anda tidak ingin bergerak sendiri Anda bisa saja berkolaborasi dengan teman yang tergabung dalam tim desain rumah, sudah semestinya “dijual”, dalam arti kata di publikasi.

Bicara peluang tersebut, di Instagram banyak bertebaran informasi yang menawarkan diri mengenai jasa desain rumah, maupun jasa bangun rumah. Beraneka akun IG berseliweran.

Masalahnya, apakah Anda yang memang mumpuni di bidang arsitektur lantas duduk termenung menjadi penonton saja, sementara panggilan kerja masih Anda nantikan sampai batas waktu yang belum Anda ketahui.

Baca juga: 8 Keuntungan Sewa Apartemen Dibanding Sewa Kos

“Ahh, sudah banyak pemainnya disitu…”, gumam Anda pesimis, sambil tetap dalam zona nyaman sembari menunggu lowongan pekerjaan untuk jabatan Arsitek.

Bicara arsitektur, maka tidak bisa lepas dari bicara soal seni. Ukuran kepuasannya relatif karena selera tiap orang berbeda. Ada yang suka gaya rumah minimalis, tetapi ada juga yang suka gaya rumah mediteranian, dan tidak sedikit yang suka gaya rumah modern.

Jika sudah begitu, pioneer atau pun follower menjadi tidak berpengaruh. Lagi pula, dalam pandangan saya, mengapa juga kita harus takut dengan menjadi follower, sementara kita memiliki kemampuan, tinggal follower yang bagaimana dulu agar kita tidak terkesan ikut-ikutan?

Pernah mendengar Ice Kepal Milo? Sebelum bulan Ramadhan lalu, hampir di tiap-tiap sudut jalan di perumahan berjejer pedagang Ice Kepal Milo. Sekarang? Sudah hilang tuh, kalaupun ada yang bertahan, hanya satu dua, yang mungkin memiliki resep pembeda sehingga bisa tetap bertahan. 

Nah, Anda pun demikian, meski mengambil langkah follower, tapi jadilah follower yang memiliki resep pembeda. Dibawah ini saya coba berikan poin-poin apa saja yang harus menjadi catatan ketika Anda berniat serius mengambil langkah menjadi follower dengan membidik peluang usaha jasa desain rumah via Instagram.

Media Sosial

jasa desain rumah via instagram

Zaman sekarang hampir tidak ada aktifitas yang tidak melibatkan peran media sosial. Saat makan di restoran, sebelum dimakan, hidangannya di foto dulu, lalu saat mau mencicipi kopi di café, juga di foto dulu.

Bahkan saat memasak di dapur pun, sudah menjadi hal yang lumrah jika aktifitas tersebut dilakukan sambil ber-swafoto. Dan menariknya, itu semua kemudian diunggah di media sosial, yang katanya untuk sekedar berbagi info dengan temannya.

Baca juga: 7 Keunggulan dari Investasi Properti 

Nah, melihat beragam hal tersebut, maka momentum ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk menciptakan daya ungkit terhadap usaha yang akan Anda kembangkan, agar usaha tersebut dilirik banyak orang.

Facebook, Twitter atau Instagram, merupakan pilihan media sosial yang bisa digunakan untuk memperluas daya jangkau promosi usaha Anda. Namun sebagaimana petikan judul postingan ini, maka Instagram menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai jalur usaha Anda.

Info Detail

Janganlah pelit berbagi info, berikanlah info yang detail, jelas, dan mudah dipahami. Jika Anda masih berpikir bahwa memberikan sedikit info untuk memancing rasa penasaran netizen, hal itu mungkin bisa saja Anda lakukan, namun sebenarnya Anda sedang membuat diri Anda capek sendiri.

Ambil contoh begini, Anda telah mendesain sebuah bangunan rumah 2 lantai dengan ukuran 7×15, dan sudah dipajang di Instagram Anda, namun dalam caption Anda tidak menyertakan informasi yang cukup, seperti harga untuk membangun sesuai desain yang Anda pajang, ukuran rumah, jumlah lantai, jumlah kamar, dan jumlah kamar mandi.

Baca juga: 4 Kiat Menabung untuk Membayar DP Rumah

Bagaimana mau bicara hingga yang detail, seperti material misalnya, yang umumnya saja tidak tersampaikan infonya. JIka ini yang terjadi, artinya tidak ada upaya Anda untuk mengedukasi atau memberikan informasi yang detail, jelas dan transparan tadi.

Yakinlah, hal-hal tersebut adalah hal yang pasti ditanyakan oleh netizen atau follower Anda. Janganlah membuat diri Anda capek sendiri, yang awalnya bermaksud untuk memancing agar follower Anda aktif bertanya, justru yang muncul adalah pertanyaan yang berulang.

Biasakan saja untuk memberikan informasi dengan detail dan cukup informatif, agar pertanyaan yang sama tidak berulang-ulang ditanyakan oleh follower atau netizen yang baru berkunjung.

Rajin Berbagi

Semakin banyak Anda berbagi, potensi bertambah follower pun semakin besar. Prinsip tersebut sama dengan jika kita bersedekah. Semakin kita bersedekah, semakin Tuhan memberikan kita jalan atau membuka pintu-pintu rezeki yang lainnya.

Core bisnis usaha Anda jelas, bahwa Anda sedang mengembangkan usaha jasa desain rumah. Ketika Anda secara konsisten hadir ditengah-tengah netizen dan memberikan banyak manfaat, dijamin hal itu akan membuat netizen Anda jatuh hati.

Baca juga: Freeze Tanah, Terobosan Baru Pemerintah Bebaskan Lahan Mega Proyek

Bayangkan, ketika sudah jatuh hati, hal apa pun bisa diberikan oleh netizen setia Anda. Jika sudah demikian, maka bukan usaha jasa desain rumah saja yang berkembang, namun bisa jadi media sosial Anda banyak pengunjungnya dan memiliki potensi pula untuk Anda manfaatkan.

Manfaat Ganda

Dengan modal rajin berbagi tadi, Anda akan berpotensi mendapatkan manfaat ganda. Jika follower bertambah banyak, pilihannya antara apakah terjadi transaksi atas jasa yang ditawarkan atau jangan-jangan malah potensi endorsement yang muncul.

Salah satu dari keduanya, tentu tidak masalah, apalagi jika memang keduanya bisa diraih. Bak pepatah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, atau menurut pepatah lain, sambil menyelam minum air.

Baca juga: Properti, Apakah Itu?

Artinya, core bisnis Anda memberikan penghasilan, media sosial Anda pun juga menyumbang income buat Anda. Sangat menarik bukan?

Gandeng Mitra

Sebuah usaha tentu tidak dapat berdiri sendiri, apalagi jika resources-nya masih terbatas. Ditengah keterbatasan itu, maka kita harus mencari partner untuk bekerja sama.

Misalkan, Anda dan tim adalah bagian yang membuat desain rumah untuk dijual, lalu saat terjadi transaksi pembelian desain, Anda pun dapat mempromosikan mitra Anda yang bergerak di bidang pembangunan fisiknya, atau yang biasa disebut kontraktor.

Saat desain dibuat, biasanya sudah dihitung mengenai anggarannya berapa. Anggaran berapa tentu tergantung pada pilihan material apa yang diambil.

Baca juga: 8 Penyedia Jasa Pembuatan Site Plan

Belum lagi jika bicara furnitur. Anda pun dapat menggandeng usaha kecil yang bergerak dibidang furnitur. Akurasi desain, pembangunan fisik dan furnitur yang sesuai dengan desain awal tentu menjadi nilai lebih bagi konsumen yang semula follower media sosial Anda.

Hal ini, sebenarnya bisa juga dilakukan semua oleh Anda sendiri, mulai dari tahap desain, konstruksi, hingga ke pengadaan furnitur yang sesuai dengan desain awal Anda. Pilihan bergantung kepada Anda, ingin memanfaatkannya bagaimana.

Baik, itulah kira-kira beberapa tips dalam mengembangkan peluang usaha jasa desain rumah via Instagram. Semoga artikel ini bermanfaat, dan ditunggu kabarnya jika sudah ada yang mengambil jalur ini.

Salam Properti![ppc]

Sumber: Magenes

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Peluang Usaha Jasa Desain Rumah Via Instagram”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.