Profil Dan Kerajaan Bisnis Ciputra

pak ci ciputra

Sosok Ciputra

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Ir Ciputra, atau biasa disapa dengan sebutan “Pak Ci”? Sosok dibalik kesuksesan sebuah grup properti besar di tanah air. Beberapa besutannya seperti PT Pembangunan Jaya yang didirikannya pada tahun 1961, atau PT Metropolitan Development yang mulai eksis sejak tahun 1971, menjadi penopang kesuksesan bisnis Ciputra hingga saat ini.

pak ci ciputraCiputra atau Tjipoetra (Tjie Tjin Hoan) adalah putra dari pasangan Tjie Siem Poe dan Lie Eng Nio, yang dilahirkan pada 24 Agustus 1931 di Sulawesi. Suami dari Dian Sumeler, dan Ayah dari Rina Ciputra Sastrawinata, Cakra Ciputra, Candra Ciputra, dan Junita Ciputra ini, menurut majalah Forbes edisi 2015 berada di urutan 23 daftar orang terkaya di Indonesia dan tercatat memiliki kekayaan sekitar US$ 1,34 miliar, atau setara dengan Rp 19,5 triliun (Kurs US$ 1 = Rp 14.500).

Ciputra kecil bukanlah dilahirkan dari keluarga yang berkecukupan. Bahkan untuk tinggal di rumah yang layakpun tidak dia rasakan di usia kecilnya. Hal tersebut mungkin menjadi impian terbesar hidupnya, hingga terbawa di usia remaja dan beranjak dewasa.

Dan impian besar tersebut berhasil dikikis olehnya sedikit demi sedikit dengan menamatkan kuliahnya di jurusan Arsitektur di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1960.

Cerita berikutnya, dia, melalui grup bisnis Ciputra, bukan hanya menyediakan rumah untuk diri dan keluarganya semata, tapi juga untuk banyak keluarga di sebuah lingkungan dengan konsep yang didesain sesuai dengan standar yang layak.

Ciputra sebagai seorang pendiri Grup Bisnis Ciputra telah melahirkan banyak karya di tanah air dalam bidang properti. Hal tersebut diraih berkat visi, kecerdasan, keyakinan dan kerja keras yang dipedomaninya hingga saat ini.

Hingga tiba pada giliran dimana Ciputra kembali mendapat pengakuan dan layak mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa (DR. H.C.) dari Universitas Tarumanagara Jakarta pada tahun 2008 atas visi dan semangatnya mengembangkan properti di Indonesia, sehingga tidak heran, banyak pula yang menyematkan sebutan sebagai begawan properti Indonesia kepada sosok Ciputra.

Baca juga: Properti, Apakah Itu?

 

Proyek Properti Ciputra

Sudah banyak produk properti dan penunjangnya yang dihasilkannya oleh Ciputra dan grup bisnisnya, diantaranya berupa kawasan hunian (township and residensial), kawasan hunian diluar negeri (overseas), kawasan pergudangan, mal, apartemen (commercial), kawasan olah raga dan rekreasi (sport and recreational), keagenan properti (brokerage), web dan majalah (web and magazine), telekomunikasi (telecommunication), pendidikan (education), kesehatan (health care).

Berikut ini adalah daftar panjang proyek properti yang telah dan akan dikembangkan oleh grup bisnis Ciputra.

 

Residensial

Jika Anda ingin tahu apa saja label township city atau residensial yang dikembangkan oleh Ciputra Grup, berikut ini adalah daftar nama-namanya yang tersebar di seantero nusantara, yaitu mulai dari CitraGran Cibubur, Citra Indah Timur Cibubur, Citra Raya Tangerang, Citra Green Dago, Citra Grand Galesong City, Citra City Balikpapan, Citraland Utara, Citramitra City Banjarbaru, Citraland Jayapura, CitraRaya City, Citra Garden BMW, CitraLake Sawangan, CitraLand Puri Serang, CitraGrand Senyiur.

Lalu, City Samarinda, CitraGarden Aneka Pontianak, Citra Maja Raya, CitraGarden City Malang, CitraLand Cirebon, CitraLand The Green Lake, CitraLand Bagya City Medan, Citra Garden Pekan Baru, CitraGrand Semarang, CitraGrand Mutiara Yogyakarta, CitraSun Garden Yogyakarta, CitraGarden Gowa, CitraLand NGK Jambi, CitaLand Banjarmasin, CitraBukitIndah Balikpapan, CitraLand Manado, CitraLand Kendari, CitraGarden City Jakarta, CitraLand Surabaya, Bukit Palma Surabaya, CitraRaya Tangerang, Citra Indah Timur Cibubur, Citra Harmoni Sidoarjo, dan masih banyak yang lainnya.

Cukup banyak atau banyak sekali? Sangat banyak, dan sebenarnya mudah saja mengenali setiap proyek properti apakah itu dibangun oleh Grup Ciputra atau bukan. Cara mengetahuinya cukup dengan melihat namanya, apakah mengandung kata Ciputra? Citra?

That’s it, so simple bukan? Faktanya, mayoritas memang demikian.

 

Komersial

Nah, diatas itu adalah nama-nama untuk kategori residensial, sedangkan untuk kategori proyek properti komersial yang dikembangkan oleh grup bisnis Ciputra, diantaranya yaitu, Ciputra World Jakarta, Ciputra World 2 Jakarta, Ciputra World Surabaya, Citra Towers, Ciputra International, Mal Ciputra Cibubur, Citra Lake Suites, Citra Dream Hotel, Apartment UC, Somerset Grand Citra, Ciputra Hotel Jakarta, Ciputra Mall Jakarta, Ciputra Hotel Semarang, Ciputra Mall Semarang, Ciputra Mall Seraya Pekan Baru, Vida View Makassar, RoseWood Tanah Lot, BizPark Pulogadung, BizPark Penggilingan, BizPark Bandung, BizPark Palembang, Multivision Tower.

Cukup semarak bukan?

 

Olah Raga & Rekreasi

Berikutnya adalah proyek properti besutan Ciputra Grup yang bertema sport dan rekreasi, seperti Ciputra Golf, Club and Hotel Surabaya, Waterpark Surabaya, Waterpark Citra Indah, Waterpark CitraGarden Lampung, Waterpark CitraRaya Tangerang.

 

Properti Luar Negeri

Nama Ciputra identik dengan properti dan kesuksesan. Bahkan namanya tidak hanya dikenal di Indonesia saja, tapi juga dikenal di kawasan Asia Tenggara. Telah banyak penghargaan diberikan kepadanya atas buah karyanya membangun properti di Indonesia maupun di kawasan Asia Pasifik.

Beberapa proyek properti milik grup Ciputra yang berada di kawasan Asia Tenggara yaitu Ciputra Hanio Vietnam, Grand Phnom Penh Cambodia.

 

Agen Properti

Dalam mengembangkan proyek-proyek propertinya, Ciputra Grup dibantu oleh personal-personal handal di bidang marketing dibawah naungan Century 21 Indonesia.

Saat ini keberadaan dan berkembangnya bisnis properti tidak lepas dari eksistensi para marketingnya. Keduanya saling bahu membahu agar properti yang dipasarkan dapat ditransaksikan oleh para konsumennya.

 

Majalah & Web

Selain bergerak di bidang properti, Ciputra Grup juga mengembangkan bisnis media konvensional melalui brand majalah Bintang, media web ecommerce www.eciputra.com, dan web entrepreneurship yang menyajikan informasi seputar visi Grup Bisnis Ciputra, meliputi tips dunia entrepreneur baik dalam negeri maupun luar negeri.

Selain itu, disajikan pula tentang tips bisnis, informasi dunia pendidikan, gaya hidup, dan yang paling utama adalah iklan properti yang dikembangkan oleh grup Ciputra.

 

Telekomunikasi

Sudah barang tentu berkembangnya sebuah produk tidak bisa lepas dari peran penyampaian atau penyebarluasan informasi tentang produk yang ditawarkan. Alih-alih ingin memperkuat bisnis utamanya, yakni dalam bidang properti, Ciputra Grup juga telah mengambil langkah strategis dengan mengembangkan bisnis telekomunikasi.

Telekomunikasi menjadi pilihan bisnis yang disasar oleh grup Ciputra, sehingga secara optimal akan melayani atau memperkuat bisnis internal maupun eksternal melalui bendera PT Ciptakom Pradipta, yang telah berdiri sejak tahun 1991.

 

Pendidikan

Salah satu yang menjadi concern Pak Ci dalam menciptakan SDM yang berkualitas bagi bangsa ini, khususnya yang berjiwa wirausaha, yaitu dengan menyediakan fasilitas pendidikan.

Hal tersebut diejawantahkan oleh jajaran Ciputra Grup dengan mendirikan beragam failitas pendidikan, mulai dari TK sampai dengan Universitas.

Beberapa diantaranya yaitu sekolah Citra Berkat Kindergarten, Citra Kasih Kindergarten School, TK Citra Berkat Jonggol, TK Citra Berkat Bukit Palma, SD Citra Berkat Jonggol, SD Citra Kasih, SD Citra Berkat Bukit Palma, Citra Berkat Secondary School, Citra Berkat Tangerang, SMP Citra Kasih, SMP Citra Berkat Jonggol,  SMP Citra Berkat Bukit Palma, SMA Citra Kasih, Sekolah Ciputra Surabaya, hingga Universitas Ciputra Surabaya.

 

Kesehatan

Selain bergerak di bidang pendidikan, diluar core bisnis-nya, Ciputra Grup juga mengembangkan fasilitas di bidang kesehatan. Beberapa yang sudah dikembangkan diantaranya CSEC, CMC, dan CH.

Ciputra SMG Eye Clinic (CSEC) adalah usaha patungan Ciputra Healthcare dengan Singapore Medical Group (SMG) yang dibangun dengan konsep sarana dan prasarana modern, dengan suasana yang bersahabat dan ramah, ditunjang peralatan di bidang kedokteran mata terkini, serta layanan kualitas premium.

Berikutnya adalah Ciputra Medical Center (CMC) yang memiliki tujuan utama memberikan informasi preventif, akuratif, bahkan rehabilitatif kepada masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia tentang gaya hidup sehat. Baik CSEC dan CMC berlokasi di Lotte Shopping Avenue Ciputra World 1 di Jalan Prof. Dr. Satrio Jakarta Selatan.

Selain itu, Ciputra Hospital menjadi salah satu fasilitas utama dan pertama di bidang kesehatan yang dibangun oleh Ciputra yang berlokasi di CitraRaya Tangerang.

 

Ciputra Dan Perannya

Atas torehan karyanya dibidang properti yang digelutinya, Pak Ci kemudian dipercaya untuk memimpin beberapa asosiasi di bidang properti, seperti Presiden Real Estate Indonesia (REI). Pak Ci juga tercatat sebagai salah satu pendiri, dan sekaligus pernah menjadi Presiden Yayasan Real Estate Asia Pasifik (AFREF).

Selain itu, Pak Ci juga tercatat sebagai orang Indonesia pertama yang terpilih menjadi Ketua Federasi Internasional Real Estate (FIABCI) dalam kurun 1989-1990.

Lalu pada tahun 2007 beliau dinobatkan sebagai Entrepreneur of The Year dari Ernst & Young. Telah banyak penghargaan yang diraih oleh Ciputra, baik yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia maupun lembaga atau institusi di luar negeri.

grup bisnis ciputra

Tak ketinggalan, MURI atau Museum Rekor Indonesia pun memberikan penghargaan, dan tidak tanggung-tanggung untuk dua kategori penghargaan sekaligus, yang pertama adalah seorang entrepreneur yang sukses pada beragam bidang, dan yang kedua, dia adalah satu-satunya orang yang memberikan pelatihan entrepreneur kepada setidaknya 1231 guru.

 

Ciputra Dan CSR

Keberhasilan di dunia bisnis, khususnya bagi Ciputra Grup di dunia properti melalui tangan Pak Ci, seiring sejalan dengan perannya di bidang sosial. Pak Ci pun dikenal sebagai sosok yang dermawan. Baginya, menjadi donator di bidang sosial merupakan bagian dari hidup seorang entrpreneur. Beragam yayasan sosialpun menjadi tujuan hidupnya.

Suatu hal yang selama ini sebenarnya dapat dilihat dari berbagai profil orang sukses dunia dengan mendirikan yayasan (foundation), seperti halnya Bill Gates yang sukses dengan Microsoft-nya, yang saat ini sebagaian besar waktunya dicurahkan untuk mendonasikan apa yang didapatnya ke yayasan yang didirikannya tersebut.

Beberapa yayasan yang selama ini didirikan untuk pengembangan nilai-nilai sosial diantaranya yaitu Yayasan Ir Ciputra didirikan tahun 1986, Yayasan Warisan Nilai Luhur Indonesia, Yayasan Jaya Raya didirikan tahun 1970, Yayasan Prasetiya Mulya didirikan tahun 1980, Yayasan Tarumanagara didirikan tahun 1959 oleh Drs Kwee Hwat Djien dan Ciputra bergabung di yayasan ini sejak tahun 1974, Yayasan Don Bosco, Yayasan Dana Gotong Royong Kemanusiaan didirikan pada tahun 1986, Yayasan Pendidikan Jaya.

 

Penutup

Itulah sekilas cuplikan profil seorang begawan properti Indonesia bernama Dr HC Ir Ciputra atau biasa disapa Pak Ci. Berkat visi, kecerdasan, kepercayaan dan kerja kerasnya, membawa grup properti yang dibangunnya tersebut dapat berkarya tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

Tangan dinginnya tidak hanya berkarya, tapi juga sekaligus berprestasi mengantarkan dirinya dan grup properti yang dibangunnya mendapatkan pengakuan dari berbagai institusi atau lembaga.

Demikian, semoga ulasan profil yang singkat ini, paling tidak dapat memberikan khasanah profil yang dapat diteladani bagi kita semua.[ppc]

 

Sumber Gambar: kompas.com & housing-estate.com

 

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Profil Dan Kerajaan Bisnis Ciputra”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.