Tips Saat Membeli Apartemen Untuk Investasi

investasi properti

Investasi di bidang properti adalah usaha yang menjanjikan dan tidak ada matinya. Properti yang Anda beli dengan harga kecil bisa jadi akan terjual berkali-kali lipat mahalnya beberapa tahun kemudian.

Properti yang biasa dijadikan target bisnis adalah rumah, tanah, sawah dan juga apartemen. Membeli rumah dan apartemen untuk investasi ada sedikit perbedaan. Jika Anda membeli rumah maka harga tanah dimana hunian tersebut berpijak akan naik dari waktu ke waktu. Sedangkan untuk bangunannya sendiri akan berkurang nilai jualnya sebab konsumen akan mencari model rumah yang paling up to date.

Jika Anda memilih apartemen untuk investasi, yang menjadi fokus utama adalah bangunannya. Agar investasi apartemen Anda menguntungkan dan potensial, berikut cara memilih apartemen yang cocok untuk investasi.

Baca juga: Mencari Rumah Idaman Dambaan Keluarga

 

1. Lokasi yang strategis

Dalam bisnis jual beli properti, lokasi yang strategis menentukan mahal tidaknya properti yang akan diperjualbelikan. Meskipun berdiri pada tanah yang luasnya sama dengan model bangunan yang sama pula, seseorang akan lebih memilih properti yang berada di lokasi strategis karena beberapa pertimbangan dibandingkan dengan properti yang berlokasi di pelosok.

investasi properti

Lokasi disebut strategis jika:

  • Dekat dengan akses jalan raya. Ini akan memudahkan mobilitas dari satu titik ke titik lain baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.
  • Dekat dengan pusat perbelanjaan seperti pasar, mall, shopping centre, pusat toko elektronik, pusat kecantikan, pusat kebugaran, dan lain sebagainya. Pada dasarnya kehidupan sehari-hari setiap orang berhubungan dengan kegiatan konsumtif seperti belanja kebutuhan sehari-hari di pasar, membeli pakaian di mall dan shopping centre terdekat, membeli gagdet yang up to date, merawat kulit dan wajah di salon, serta berolahraga di gym. Jika apartemen tersebut dikelilingi oleh semua fasilitas tersebut pastilah properti ini akan memiliki nilai jual yang tinggi.
  • Dekat dengan perkantoran atau industri-industri besar. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti disebutkan diatas, seseorang perlu bekerja. Bekerja dilakukan di kantor maupun di sektor perindustrian.

Intinya, tiap manusia modern tidak suka hal-hal yang rumit, yang berlama-lama dan yang tidak praktis. Selama anggaran yang dimiliki cukup, mereka akan membeli apartemen dengan ketiga kualifikasi diatas. Tujuannya satu, agar lebih hemat waktu, sebab dengan waktu kita bisa menghasilkan lebih banyak untuk kebutuhan sehari-hari. Itulah kenapa sebutan time is money masih tetap berlaku hingga saat ini.

Baca juga: Dimanakah Lokasi TPU Perumahan Anda?

 

2. Booking seawal mungkin

Jika Anda sudah yakin akan membeli apartemen untuk investasi, selanjutnya Anda harus mencari informasi apartemen yang akan dibangun. Setelah mantap dengan rancangan model dan juga deal dengan harga yang diberikan pihak developer, segera booking apartemen tersebut dan belilah dengan tunai.

Jika Anda membeli apartemen yang sudah dalam keadaan setengah jadi atau hampir jadi, pastilah harga yang ditawarkan oleh developer akan lebih tinggi. Jika begitu, return of investment yang Anda keluarkan akan lama kembali.

Baca juga: Diburu Waktu, Minta Broker Properti Jual Apartemen Anda

 

3. Fasilitas yang ada di dalam apartemen

Selain lokasi yang strategis, dalam memilih apartemen Anda harus memeriksa fasilitas apartemen yang disediakan oleh developer. Fasilitas tersebut meliputi fasilitas kamar, kamar mandi, ruang tamu dan ruang makan yang ditata dengan rapi, bersih, memiliki kombinasi warna yang menarik dan diisi dengan barang-barang berkualitas.

Fasilitas tersebut sebaiknya dilengkapi baik saat Anda ingin menjual ataupun menyewakan apartemen. Selain itu, pilihlah apartemen yang memiliki view menarik dan menyediakan outdoor swimming pool sebagai nilai lebih dari properti yang akan Anda jual.

Nah, jika ketiga tips memilih apartemen untuk usaha properti tersebut Anda jalankan, dalam hitungan hari akan banyak peminat yang menawar properti Anda dengan nilai yang fantastis.

Selamat mencoba dan dapatkan keuntungannya dalam waktu singkat.[ppc]

 

Sumber gambar: mspd.co.za

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Tips Saat Membeli Apartemen Untuk Investasi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.