Tips Mencari dan Memilih Notaris Untuk Jual-Beli Properti

Ketika Anda berencana untuk menjual properti, entah itu tanah, rumah, atau apartemen, sudah semestinya dibutuhkan tenaga seorang Notaris atau PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) yang memang sangat penting keberadaannya. Pasalnya, jasanyasangat diperlukan dalam bermacam keperluan terkait dokumen jual-beli properti.

Seperti mengesahkan akta jual beli atau AJB, proses balik nama sertifikat, akta pembagian hak tanggungan sampai dengan pemeriksaan keabsahan tanah adalah pekerjaan-pekerjaan yang menjadi spesifikasi seorang Notaris.

Akan tetapi, di dalam memilih pun Anda juga tidak bisa sembarangan. Mengingat tidak semuanya dapat Anda andalkan dan mampu menjalani tugasnya dengan penuh kejujuran. Permasalahan semacam inilah yang hingga saat ini masih menjamur di tengah-tengah masyarakat.

Oleh karena itu, untuk membantu Anda dalam memilih pejabat berwenang yang tepat dalam urusan jual-beli properti, di bawah ini merupakan langkah-langkah yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Baca juga: Strategi Mencari dan Mendapatkan Rumah Pertama

 

Memilih Notaris Jujur dan Profesional

notary publicJangan memilih Notaris hanya dengan melihat tingkat popularitasnya saja, namun Anda harus bisa menentukan pilihan yang profesional dan benar-benar menjunjung tinggi kejujuran sehingga terhindar dari praktek penipuan maupun korupsi, selama proses jual-beli properti sedang berlangsung.

Cara dalam mencari, memilih dan menentukan jasa kenotariatan yang profesional sekaligus jujur sebenarnya tidak sulit, Anda dapat bertanya atau meminta rekomendasi dari teman maupun kerabat yang pernah menggunakan jasa seorang Notaris.

Tanyakan secara rinci mengenai cara kerjanya, seperti ketepatan waktu dan urusan biaya yang nantinya perlu Anda keluarkan.

Sedangkan langkah selanjutnya adalah langsung mendatangi Notaris yang bersangkutan untuk menanyakan portofolio atau klien yang pernah ditanganinya.

Jika ternyata banyak menangani klien Bank misalnya, maka dapat dikatakan bahwa Notaris yang akan Anda pilih tersebut memiliki kredibilitas yang memang tinggi, mengingat Bank merupakan salah satu lembaga yang sangat ketat dalam memberikan likuiditas.

Baca juga: Kasus Agung Podomoro, Indikasi Rencana Tata Ruang Rawan Pesanan

 

Profesional Tidak Selalu Terkait dengan Faktor Usia

Usia yang sudah cukup tua pada dasarnya tidak menjamin bahwa Notaris tersebut dapat diandalkan. Di dalam dunia PPAT atau kenotariatan sebenarnya tidak mengenal batasan usia untuk melakukan kecurangan saat bertugas menangani masalah jual-beli properti.

Banyak yang menyebutkan bahwa Notaris baru bisa dikatakan profesional ketika usianya sudah memasuki 40 tahunan. Padahal hal tersebut sejatinya tidak dapat dijadikan sebagai patokan yang tepat, mengingat tolak ukur seorang profesional memang bukan hanya sebatas dilihat dari usia, namun juga jam terbang dari Notaris bersangkutan.

Selain jam terbang, tolak ukur profesional juga dapat dilihat dari klien yang pernah ditanganinya.

Baca juga: 8 Penyedia Jasa Pembuatan Site Plan

 

Datangi Beberapa Kantor PPAT atau Notaris yang sekiranya Masih Mudah Dijangkau

Penting untuk Anda ketahui bahwa mendatangi kantor PPAT yang dapat dijangkau menjadi salah satu strategi jitu dalam memilih jasa Notaris secara tepat. Dapat dijangkau disini diartikan bukan berarti kantor Notaris atau PPAT yang terdekat dengan tempat tinggal Anda.

Hal terpenting adalah kantor PPAT tersebut dapat sering Anda kunjungi tanpa adanya hambatan berarti, khususnya untuk menemui pejabat yang bersangkutan dan bukan hanya diterima oleh pegawainya saja.

Pastikan Anda benar-benar mengetahui alamat kantornya. Anda harus mendatangi kantornya secara langsung dan melihat secara seksama kantornya tersebut.

PPAT yang berkualitas dapat dilihat dari penampilan kantornya, yang umumnya memang selalu disibukkan dengan aktivitas kenotariatan. Jangan lupa perhatikan bagaimana jaminan keamanan di kantor tersebut, karena semua dokumen berharga Anda nantinya akan disimpan dalam kantor tersebut. Oleh karena itu Anda memang bukan hanya harus teliti, tetapi juga harus waspada.[ppc]

 

Sumber gambar: notarypubliclookup.com

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Tips Mencari dan Memilih Notaris Untuk Jual-Beli Properti”

  1. BeatrisSmall says:

    I have checked your page and i have found some duplicate content, that’s why you don’t rank high
    in google’s search results, but there is a tool that can help you to create 100%
    unique articles, search for; Boorfe’s tips unlimited content

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.